Rabu, 26 Desember 2018

Kenali Manfaat dan dampak makan durian yukkk....

Libur telah tiba, libur telah tiba, horee... horeee...
hatinya gembira hehehehe....
Bukan begitu bun?

Liburan Sekolah yang panjang ini bisa kita manfaatkan untuk mengajak si kecil tamasya kan, pergi ke kebun binatang, mengenal aneka satwa, taman bermain, taman bunga dan tempat seru lainnya.

Kalau saya sengaja mengajak si kecil ke tempat pemerahan susu sapi di daerah Bawen yang jaraknya kurang lebih 1,5 jam dari rumah kami.

Tidak hanya pengenalan susu sapi ya bun, ternyata disana ada taman edukasi yang berisi aneka satwa seperti kuda, angsa, burung, kura-kura, kuda, sapi dan masih banyak hewan lainnya.  

Diantara kesekian banyak hiburan disana si kecil Inka sangat tertarik dengan replika buah Durian seperti yang ada pada gambar bun, dia banyak bertanya tentang buah ini.

Sebenarnya sudah pernah Ia mencicipi daging durian secara langsung, namun belum terlalu suka sih waktu itu.

Yupss ,,,, sebenarnya kapan sih bun waktu yang tepat mengenalkan rasa buah durian ke Si Kecil?

Nah, menurut kata ahli gizi, bunda bisa mengenalkan buah durian untuk anak usia lebih dari 1 tahun ya bun. 
Tidak menuntut untuk Ia suka dengan rasanya sih, tapi memang kita harus mengenalkan berbagai macam buah-buah kepada Si Kecil.

Untuk Durian sendiri dalam satu penyajian sebanyak 100 gram, dapat memberikan 147 kalori dan 3,8 gram serat yang memenuhi 15% kebutuhan tubuh per hari.

Namun bunda, saya juga menjelaskan ke si kecil bahwa bila buah ini dikonsumsi terlalu banyak juga tidak bagus, karena dapat menyebabkan mabuk durian, Mabuk durian ini bisa ditandai dengan kepala pusing, mual muntah.

Durian juga mempunyai kandungan gula yang tinggi bun, jadi bila bunda ingin mengolah daging durian menjadi camilan sehat untuk si kecil, bunda bisa mengurangi komposisi gulanya ya.

Selanjutnya, durian juga dikenal dapat meningkatkan suhu tubuh, Jika dimakan secara berlebihan akan menyebabkan kembung, gangguan pencernaan, dan panas pada ulu hati.

Kesimpulannya, kita boleh memberikan daging durian untuk si kecil namun dalam jumlah yang wajar ya bun. Kita juga tidak harus memaksanya untuk suka durian, yang penting sudah mengenal dan mencicipi.

Semoga yang saya sampaikan ini bermanfaat bun, saya sendiri juga masih belajar dan terus belajar, berbagi yang saya tahu, semoga membantu.

#MombassadorSGMEksplor
#GenerasiMaju
#SGMEksplor
@akuanaksgm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Stimulasi potensi prestasi si kecil agar menjadi Anak Generasi Maju, ssttt ada hadiahnya loh...

Hai Bun, Apakabar nih? Semoga selalu dalam keadaan sehat ya, jangan lupa tetap ikuti protokol kesehatan saat keluar rumah ya. Nah, sebagai M...